SISTEM INFORMASI CITILINK

Nama                  : Argo Galih Pribadi
Kelas                   : APSI-C
NRP                    : 05111740000150


Apakah Sistem Informasi itu?

Sistem Informasi merupakan suatu sistem di dalam organisasi yang mempertemukan kebutuhan dalam pengelolaan transaksi, menjalankan operasi, dan kegiatan strategi lainnya yang bersifat manajerial serta mampu menyediakan informasi bagi pihak luar untuk laporan tertentu. Sistem Informasi sendiri memiliki beberapa fungsi, seperti:

  • Memperbaiki produktivitas aplikasi pengembangan serta dalam pemeliharaan sebuah sistem
  • Menjamin kualitas serta keterampilan dalam penggunaan Sistem Informasi
  • Mengidentifikasi kebutuhan apa saja yang dapat mendukung sistem informasi
  • Mengantisipasi serta memahami akan adanya konsekuensi secara ekonomi
  • Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi
  • Mengembangkan proses perencanaan yang efekti

Bagan Sistem Informasi

Untuk memudahkan perancangan dalam Sistem Informasi, maka terdapat bangan Sistem Informasi seperti berikut:


Transaction Processing Systems

Merupakan sebuah sistem pemrosesan informasi untuk bisnis transaksi yang melibatkan pengambilan, perubahan dan pengembalian dari seluruh transaksi data. Ciri khas dari sebuah TPS ialah performa, keandalan serta konsistensi. Transaction Processing System juga dikenal sebagai pemrosesan transaksi secara real-time.

Management Information Systems

Merupakan sebuah istilah yang digunakan secara luas untuk sistem tiga sumber daya yang umumnya diperlukan untuk mencapai manajemen organisasi yang efektif. Sumber daya itu ialah orang, informasi dan teknologi, dari dalam maupun luar organisasi, dengan mengutamakan orang. Sistem ini merupakan koleksi dari metode manajemen informasi yang melibatkan otomasi komputer (baik secara software maupun hardware) atau mendukung serta mengembangkan kualitas dan efisiensi  dalam menjalankan bisnis dan pengambilan keputusan.

Decision Support Systems

Merupakan aplikasi berbasis komputer yang mengambil, mengatur serta menganalisa data bisnis untuk memfasilitasi pengambilan keputusan binis yang berkualitas dalam manajemen, operasi dan perencaan. Perancangan yang baik dalam Decision Support Systems dapat membantu perusahaan dalam mengidentifikasi, menyelesaikan masalah, dan mengambil keputusan yang tepat.

Executive Information Systems

Executive Information System merupakan sistem DSS (Decision Support Systems) yang digunakan untuk membantu para eksekutif dalam mengambil keputusan yang tepat. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan kemudahan akses terhadap data-data yang diperlukan untuk mencapai langkah yang strategis di sebuah organisasi. EIS umumnya memiliki fitur berupa tampilan yang menarik serta UI yang mudah untuk digunakan.


Apa itu CITILINK ?

Perusahaan ini didirikan berdasarkan Akta Notaris Natakusumah No. 01 tanggal 6 Januari 2009, berkedudukan di Sidoarjo, Jawa Timur, dengan pengesahan dari Menkhumham No. AHU-14555.AH.01.01 Tahun 2009 tanggal 22 April 2009.
Dengan pengesahan tersebut, kepemilikan saham Citilink Indonesia saat didirikan adalah 67% milik PT Garuda Indonesia (Persero),tbk. (“Garuda”) dan 33% milik PT Aerowisata (“Aerowisata”).
Sebelumnya penerbangan yang dimiliki oleh Garuda Indonesia ini dikelola oleh SBU Citilink Indonesia yang beroperasi dengan AOC dari Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan Garuda Indonesia sejak Mei 2011.  
Selanjutnya sesuai dengan Akta No. 23 tanggal 13 Januari 2012 mengenai perubahan setoran permodalan, dan Akta No. 91 tanggal 10 Agustus 2012 mengenai penyertaan tambahan modal berupa pesawat terbang, maka kepemilikan saham Citilink adalah 94,3% milik Garuda Indonesia dan 5,7% milik Aerowisata.

Analisa Sistem Informasi Citilink

  • Transaction Processing Systems
TPS dalam Citilink dapat berupa proses pencariaan jadwal pesawaat dan pembelian tiket melalui online.

  • Management Information Systems
  • Citilink mengimplementasikan MIS dalam banyak hal, seperti customer review pada aplikasi Citilink, review kepuasan pelayanan mengenai kemudahan akses dll.

    • Decision Support Systems
    Decision Support Systems di implementasikan terutama ketika kita membuka website Citilink, yaitu adanya fitur fitur yang menampilkan promo saat ini.

    • Executive Information Systems
    Induk perusahaan Citilink, yaitu Garuda Indonesia menyediakan berbagai informasi yang mendukung Citilink sebagai anak perusahaannya dalam menggerakkan usahanya.

Source :

https://www.techopedia.com/definition/707/transaction-process-system-tps
https://www.techopedia.com/definition/8240/management-information-system-mis
https://www.techopedia.com/definition/770/decision-support-system-dss
https://www.citilink.co.id/

http://fajarbaskoro.blogspot.com/2016/09/apsi-1-sistem-informasi.html?m=0































Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 8 PBKK-B